Pengertian Hosting dan Fungsinya

Apa Itu Web Hosting?
Mengapa Apakah Web Hosting penting? Web hosting yang bagus adalah bagian penting dalam membangun sebuah website. Sebuah perusahaan web hosting adalah langkah besar dalam bagaimana website kamu akan di akses oleh pengguna. Pengguna internet menginginkan kemampuan server yang dapat diakses di setiap aspek dari website kamu setiap saat, siang ataupun malam. Nah, dapat di ambil kesimpulan, Web hosting adalah layanan yang membuat website tersedia dan dapat dilihat oleh orang lain di Internet. Web hosting menyediakan ruang server, sehingga komputer lain di seluruh dunia dapat mengakses website kamu dengan menggunakan jaringan internet. Ada ribuan Layanan tersedia saat ini, mulai dari layanan gratis dengan pilihan terbatas hingga web hosting khusus bisnis yang harganya cukup mahal. salah satu penyedia hosting yang ada di indonesia adalah Niagahoster, Pilihan yang dapat kamu pilih terutama tergantung pada rencana kamu dan apa yang akan kamu lakukan dengan website tersebut.

apa itu Web Hosting dan fungsi hosting

Web Hosting

Fungsi dari Hosting

Apa tujuan dari Web hosting dan Mengapa saya perlu webhosing? Jawabannya adalah Web hosting merupakan server yang membuat situs web dapat diakses melalui Internet. Ini berarti Web hositng menyimpan semua halaman web dari situs yang di-host pada server, penyedia web hosing mengurus semua pengaturan dan masalah teknis yang ada di server, dan mereka memiliki koneksi yang berkecepatan tinggi ke Internet untuk membuat situs kamu dapat di akses dari berbagai computer di seluruh dunia. Agar kamu tidak ke bingungan, Jenis-jenis layanan Web Hosting pada umumnya dapat di lihat pada penjelasan berikut ini.

Jenis-Jenis Layanan Web Hosting

Internet Service Provider (ISP)
Banyak orang yang memasang website mereka pertama melalui ISP mereka, karena biasanya mudah dan murah. Sebagian besar paket layanan ISP ini termasuk sejumlah kecil space hosting untuk web gratis, bersama dengan tools untuk membuat dan meng-upload situs web dengan cepat dan mudah. ISP biasanya di gunakan untuk orang yang ingin memasang situs kecil dengan jumlah traffic yang rendah. Namun, biasanya ada tingkat pembatasan sehingga ini bukan pilihan terbaik untuk website bisnis yang dapat dikembangkan.

Free Web Hosting
Free Web hosting adalah pilihan yang baik untuk situs-situs yang kecil ataupun situs pribadi. Ada banyak penyedia hosting gratis yang menawarkan semua jenis fitur termasuk akses CGI dan sebagainya. Kekurangan sebagian besar layanan hosting gratis adalah mereka didanai oleh iklan yang akan muncul di situs kamu nantinya, jadi web hosting umumnya terbaik untuk website pribadi, daripada bisnis.

Paid Hosting
Dengan hosting berbayar, kamu membayar biaya untuk ruang dan layanan pada server penyedia web hosting. Biaya bulanan dapat berkisar dari beberapa dolar sampai beberapa ratus dolar. Untuk provider yang ada di Indonesia kamu dapat membelinya di penyedia hosting murah unlimited yang menyediakan unlimited fitur dengan harga yang murah. Jelas, semakin kamu mau membayar lebih, maka lebih banyak fitur yang kamu dapatkan. Layanan dapat mencakup akses CGI, database support, ASP, e-commerce, SSL, Ruang tambahan pada server, ekstra bandwidth, dan banyak lagi.

Collocation
Collocation adalah pilihan untuk bisnis yang ingin menjalankan web server mereka sendiri, tetapi tidak ingin menjaga servernya secara langsung. Dengan collocation, pemilik website menempatkan server sendiri di tempat seperti ISP atau host lain dimana itu disimpan, dikelola, dan disediakan tanpa terganggu dengan power supply. Collocation menyediakan keamanan dan perlindungan untuk server kamu sementara masih memberikan kamu kontrol ke tools kamu sendiri.

Demikian sedikit penjelasan tentang apa itu web hosting, fungsi dari web hosting dan jenis-jenis layanan webhosting, semoga dapat menjadi manfaat dan ilmu baru bagi kita semua.

Loading...