Cara Konfigurasi Samba Server untuk File Sharing

Sharing Data tanpa menggunakan flashdisk & harddisk eksternal menggunakan Samba

Sering kita temui dan dapati permasalahan tentang sharing dan juga copy data dari komputer satu ke komputer lainnya menggunakan flashdisk. Memang tidak menjadi sebuah masalah jika data yang di copy tersebut size nya tidak terlalu besar, bagaimana jika data yang dicopy itu bisa sampai 100GB? Apakah dapat menggunakan flashdisk?

Cara Konfigurasi Samba Server untuk File Sharing
Samba File Sharing

Jika data yang ingin di copy atau di share tersebut berukuran besar, mungkin permasalahannya dapat di atasi dengan Harddisk Eksternal, tetapi itu sangat boros akan perangkat atau device. Anda pasti akan meminjamkan HDD eksternal tersebut ke teman-teman anda. Akan menguras biaya juga jika anda membeli HDD Eksternal.

Baca juga: Cara update repository Kali Linux

Jadi bagaimana menyelesaikan masalah ini? Salah satu cara menyelesaikan masalah sharing data ini dapat menggunakan SAMBA SHARING dengan memanfaatkan protokol SMB(Service Message Block) dan juga NFS(Network File System) yang merupakan protokol yang terdapat di sistem operasi windows. Langsung saja kita lakukan instalasi dan konfigurasi samba di linux dan ikuti tutorial berikut!

Cara Konfigurasi Samba Server di Linux (Debian/Ubuntu etc)

Sebelum melakukan tutorial ini ada baiknya mengetahui beberapa perintah dasar di linux agar jika terjadi ketidaksamaan command baik di directory ataupun perintah, kamu bisa mengubahnya sesuai dengan yang dibutuhkan. Jika ingin tau lebih lanjut tentang samba silahkan buka: What is Samba ?

– Pertama-tama, update dahulu dengan menggunakan perintah sebagai berikut :
sudo apt-get update

– Setelah melakukan update, lakukan instalasi dengan perintah dibawah ini :
sudo apt-get install samba

– Setelah di enter, maka akan muncul pertanyaan apakan anda ingin melanjutan?, ketikan tombol “Y” untuk melanjutkan instalasinya. Setelah instalasi selesai, lakukan update kembali dengan perintah seperti diatas.

– Kemudian lakukan konfigurasi samba agar dapat melakukan sharing data dengan perangkat lain. Komfigurasi samba dapat di lakukan dengan membuka folder “samba” pada folder “etc”. Untuk membuka folder sambanya dapat dilakukan dengan perintah dbawah ini :
cd /etc/samba/

– Untuk melakukan konfigurasinya, dapat dilakukan pada file “smb.conf” dengan mengetikan perintah sebagai berikut :
nano smb.conf

– Didalam file smb.conf merupakan konfigurasi dari samba tersebut, Untuk lebih jelasnya, dapat mengikuti video tutorial berikut ini.

Silahkan ikuti video step by step cara konfiurasi samba file sharing pada video di atas, saya tidak menjelaskan secara lengkap karena udah ada video kawan saya yang buat tapi gak ada yang nonton, (capek buat gak ada yang nonton hahahhaa) makanya saya post dan silahkan ikuti sendiri tutorialnya.
Loading...